Perantara REPO


Perantara Repurchase Agreement (REPO)

Repurchase Agreement (REPO) adalah transaksi penjualan dan pembelian instrumen efek antara Pihak Pembeli dengan Pihak Penjual serta dilengkapi dengan suatu perjanjian yang berisi tanggal dan harga yang telah disepakati serta waktu jatuh tempo untuk melakukan pengembalian atas aset yang telah dibeli dengan imbal hasil berupa bunga tetap serta memiliki underlying salah satunya berupa Saham.

Transaksi Repo dapat menjadi peluang investasi keuangan. Hal tersebut dapat kita lihat pada Pihak Pembeli yang akan memperoleh imbal hasil (dalam jangka waktu yang relatif pendek/short term) dengan tingkat bunga yang cukup menarik atau lebih tinggi dibandingkan tingkat bunga yang diterima pada investasi berupa deposito serta relative lebih aman (karena Pihak Pembeli akan memiliki jaminan berupa saham milik Pihak Penjual). Sedangkan bagi Pihak Penjual, transaksi Repo merupakan alternatif sumber pendanaan yang relatif murah dan aman, yaitu dengan menyerahkan atau menjaminkan saham miliknya.

PT. OSO Sekuritas Indonesia berperan sebagai Perantara yang mempertemukan Pihak Penjual dengan Pihak Pembeli. Dalam konteks ini, PT OSO Sekuritas Indonesia tidak “berdiri” sebagai Pihak Penjual atau tidak “berdiri” sebagai Pihak Pembeli.